Info Properti

Berita properti terkini di Malang

Tips Investasi Apartment

Saat ini  banyak sekali investasi yang menarik, salah satunya adalah apartment. Banyak investor yang tertarik dengan investasi apartment salah satu faktor nya adalah harga yang sangat terjangkau.

Namun, sebelum memilih berinvestasi apartment pahami dulu hal hal berikut agar tidak salah memilih kendaraan investasi Anda.

1.Location
Dalam investasi properti apapaun yang paling penting untuk diingat adalah lokasi dimana apartment tersebut akan dibangun. Donald Trump salah satu investor real estate paling sukses selalu memiliki rumus “location, location, location”. Lokasi akan menentukan kenaikan harga atau capital gain unit apartment Anda. Pilihlah lokasi sebagai berikut :
– Dekat dengan kampus
– Dekat dengan pusat perbelanjaan
– Dekat dengan pusat komersial
– Dekat dengan area industri
Jadi, jangan pilih unit apartment hanya karena tergiur harga yang murah

“Location, Location, Location”, Donald Trump 

2.Developer

Selain lokasi, developer memainkan peranan penting dalam kesuksesan penjualan dan pembangunan apartment tersebut. Pilihlah developer yang bonafit, terpercaya dan terbiasa membangun proyek apartment. Karena sertifikat strata title Anda biasanya keluar dalam jangka waktu 5-7 tahun, pilihlah develper yang kredibel agar sertifikat strata title Anda dapat keluar tepat waktu. Selain itu developer yang kredibel dapat memberikan jaminan kualitas bangunan yang baik.

Pilihlah developer yang kredibel!

3. Kerjasama dengan bank
Pilihlah apartment yang dapat dibayar dengan pilihan KPA atau Kredit Pemilikan Apartment. Sebelum melakukan perjanjian kerja sama dengan developer, bank sebelumnya sudah melakukan screening awal seperti jejak developer, kondisi keuangan, legalitas tanah, dll. Logika nya, bank tidak akan mau menerima agunan yang dapat menimbulkan masalah dikemudian hari. Semakin banyak pilihan bank semakin baik. Lebih baik lagi apabila ada bank swasta yang mau menerima agunan apartment tersebut. Karena bank swasta biasanya lebih ketat dalam melakukan perjanjian kerja sama dengan developer

4. Status Tanah
Apabila Anda membeli apartemen Anda akan mendapatkan Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun atau biasa disebut Strata Title. Namun yang perlu diperhatikan adalah status tanah diatas bangunan apartment. Pastikan status tanah adalah SHGB yang dimiliki oleh PT, bukan SHM, HPL, ataupun hak sewa.

5. Fasilitas dan konsep Apartment
Fasilitas suatu apartment menjadi faktor penentu dalam keputusan investasi seseorang. Pilihlah apartment dengan fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari yang lengkap. Semisal co working space, resto, laundry, dll. Fasilitas seperti gym dan infinite pool memberikan nilai tambah untuk project tersebut. Tapi tetap pastikan developer project terseebut memiliki track record yang baik

6. Future Development
Perhatikan future development disekitar radius 3km project tersebut. Apakah akan dibangun akses toll, mall, dan lain-lain. Selain itu carilah info mengenai apakah terdapat developer besar yang memiliki land bank di sekitar project itu. Developer besar biasa nya memiliki land bank di daerah-daerah yang sedang berkembang. Tanyakan informasi tersebut pada marketing atau agent property Anda yang biasanya memiliki informasi yang lebih akurat.

7. Supply & Demand
Perhatikan pula supply dan demand atas unit apartment di daerah tersebut. Biasanya daerah perkantoran dan universitas memiliki demand yang sangat tinggi akan unit apartment. Riset mudahnya perhatikan jumlah kos-kos an di suatu daerah, apabila kos pada suatu daerah mulai menjamur artinya demand di daerah tersebut semakin besar. Hal ini penting karena dapat memudahkan Anda untuk menyewakan ulang atau menjual kembali unit Anda apabila diperlukan.


By Angga Andinata
www.ahliproperty.com
Director of INMAX Ultimate
Top Property Agent INMAX Property 2015, 2016, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *